Ilovebiologi's Blog

Hamil Anggur

Hamil

 

Hamil anggur atau Mola hidatidosa adalah kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi sebagai akibat kegagalan pembentukan “bakal janin”, sehingga terbentuk jaringan permukaan membran (vili) mirip gerombolan buah anggur.

definisi lain Hamil anggur ( bahasa Latin nya : MOLA HYDATIDOSA ) adalah suatu KEHAMILAN, tetapi yang “salah jalan”; sel telur yang telah dibuahi tidak bertumbuh menjadi seorang manusia tetapi membelah diri secara “liar” dan “cepat” sehingga membentuk kelompok gelembung2 kecil2 seperti untaian buah anggur. Karena liar dan cepat ya maka rahim wanita yang hamil anggur akan lebih cepat membesar dibandingkan bila hamil normal; dan akan imbul perdarahan melalui jalan lahir, biasanya dalam 2-3 bulan kehamilan sudah terjadi perdarahan.

Kehamilan mola adalah suatu keadaan patologis yang berbahaya dan karenanya harus ditangani secara benar engan kepatuhan dari si pasien ! Begitu diagnosa kehamilan mola ditegakkan secepatnya kehamilan tsb harus
diakhiri !

Umumnya dilakukan tindakan kuret, sebaiknya di rumah sakit karena risiko yg cukup besar bahkan sering ibutuhkan transfusi darah; pengosongan rahim dilakukan dg alat vakum kuret dan dilanjutkan dengan sendok kuret; sebagian jaringan dikirim kelaboratorium patologi untuk dilihat type selnya; biasanya bila ditemukan gambaran proliferasi berlebih dari sel2 trofoblast diperlukan tindakan pengobatan lanjutan dengan chemotherapy.
Pada beberapa kasus dilakukan operasi pengangkatan rahim, biasanya pada wanita usia lebih dari 40 tahun dg jumlah anak sudah cukup , dipilih tindakan operasi pengangkatan rahim, bisa dengan kehamilan mola yang masih utuh ataupun setelah kehamilan mola dievakuasi.

Mengapa kehamilan anggur/mola membutuhkan penangan khusus dan follow-up ketat ?
Karena kehamilan mola bisa berkembang kearah proses keganasan yang disebut chorio-carcinoma atau TUMOR JINAK gitu deh!
Tetapi disisi lain, chorio-carcinoma adalah kanker yang “termudah” ditangani dan memberikan kesembuhan 100%; dan inilah kanker yg mendapat predikat ” God first cancer, men first cure”

Tumor jinak mirip anggur tersebut asalnya dari trofoblas, yakni sel bagian tepi ovum atau sel telur, yang telah dibuahi, yang nantinya melekat di dinding rahim dan menjadi plasenta (tembuni) serta membran yang memberi makan hasil pembuahan.

Bagaimana terjadinya ?
Hamil anggur atau Mola hidatidosa dapat terjadi karena:
#Tidak adanya buah kehamilan (agenesis) atau adanya perubahan (degenerasi) sistem aliran darah terhadap buah kehamilan, pada usia kehamilan minggu ke 3 sampai minggu ke 4.
#Aliran (sirkulasi) darah yang terus berlangsung tanpa bakal janin, akibatnya terjadi peningkatan produksi cairan sel trofoblas (bagian tepi sel telur yang telah dibuahi) .
# Kelainan substansi kromosom (kromatin)

P e n y e b a b
Penyebab pasti belum diketahui, tetapi diduga pencetusnya antara lain kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim (dr.Etisa Adi Murbawani)

G e j a l a
Layaknya orang hamil, tanda awal persis kehamilan biasa, misalnya terlambat haid, keluhan mual, muntah. Hanya saja keluhan tersebut lebih hebat. Jika diperiksa tes kehamilan, hasilnya positif juga.
Tapi bukan berarti kalo muntah-muntah hebat sampai lemes lantas tergopoh-gopoh takut bahwa itu hamil Anggur. Masih ada tanda lain dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosa.

Selain gejala umum di atas, tanda-tanda lain diantaranya
#Tidak ada tanda-tanda gerakan janin
#Rahim nampak lebih besar dari umur kehamilan, misalnya terlambat 2 bulan, rahim nampak seperti hamil 4 bulan
#Keluar gelembung cairan mirip buah anggur bersamaan dengan perdarahan

JADI BUAT KAUM WANITA ATAU SUAMI YANG SEDANG MENUNGGU KELAHIRAN ANAKNYA..HARAP BERHATI-HATI..LAKUKAN PEMERIKSAAN SECARA RUTIN..PERGILAH KE POSYANDU ATAU PUSKEMAS…JANGAN KEDUKUN BERANAK YAH…….

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: