Ilovebiologi's Blog

Ingin Segera Hamil ?

1. Sebelum bercampur, suami dan istri harus berdoa bersama. Doanya harus sungguh-sungguh bahwa memang menginginkan anak dari Tuhan. Karena bila kita berdoa sungguh-sungguh, Tuhan pasti mendengar doa kita dan mengabulkan permintaan kita.
Dan selama ini, saya dan istri saya sering berdoa dahulu sebelum bercampur.
Bissmillah dulu deh..keudian niatkan bahwa ini semua adalah ibadah kepa Allah swt…

2. Masa subur untuk siklus haid yang teratur rumusnya: Hari ke-12 sampai ke-16 dihitung dari hari pertama haid.
Contohnya: istri saya haid pertama 9 Juni 2008, dan kami bercampur pada 9 + 11 sampai 9 + 15. Jadi kami bercampur tanggal 20 – 24 Juni 2008.
Hari lain bila pengen bercampur sebaiknya 3 hari sekali, karena di luar hari ke-12 dan ke-16 tidak terjadi kehamilan. Kesuburan hanya hari ke-12 sampai ke-16.
Rumus ini berlaku untuk siklus 30 hari.
Untuk siklus lainnya, dapat mengikuti rumus berikut:

Banyak sekali referensi yang rumusnya berbeda-beda untuk menghitung masa subur, sehingga saya juga bingung yang mana yang benar…😛

Berdasarkan ilmu yang saya dapat, saya lebih percaya rumus ini:

Masa ovulasi = (Siklus Haid – 16 + Tanggal Hari Pertama Haid Terakhir)
Masa subur = (Masa ovulasi – 2) sampai (Masa ovulasi + 2)

Contoh:
– Tanggal Hari Pertama Haid Terakhir = 9 Juni 2008
– Siklus Haid = 30 hari
– Masa ovulasi = (30 – 16 + 9) = 23
– Masa subur = (23 – 2) sampai (23 + 2) = 21 Juni sampai 25 Juni

Bila siklus haidnya tidak teratur, maka bisa dicoba dengan mengukur suhu badan setiap hari, setiap kenaikan 1-2 derajat Celcius itu menandakan kesuburan.

3. Suami dan istri harus mengenal pasangannya.
Foreplay dan kasih sayang harus dilakukan dengan baik. Setelah bercumbu, suami harus menembak dengan tepat (maksudnya jangan salah lubang..wakakakak)
Supaya menembak dengan tepat, posisi istri harus mengangkang agar suami lebih mudah menembak (penetrasi). Jadi gaya foreplay terserah kepada pasangan, tapi setelah fourplay harus pindah posisi istri mengangkang agar penetrasi lebih dalam ke vagina istri, sehingga sel sperma dan sel telur bisa bertemu. Supaya spermanya tahan lama, posisi istri tetap telentang, kedua kaki istri dilipat sampai menempel ke dadanya, biarkan 10 menit, lalu luruskan kakinya. Jangan menempel ke tembok, karena bisa capek dan itu tidak benar.

4. Konsumsi makanan
Selain konsumsi makanan yang baik, suami istri bisa mengkonsumsi vitamin E atau madu. Karena vitamin sifatnya anti-oksidan yang menjaga stamina tubuh kita sehingga diharapkan organ reproduksi kita juga ikut sehat. Tapi sekali lagi vitamin E dan asam folat bukan obat penyubur. Obat penyubur adalah obat hormonal yang merangsang produksi hormon progesteron agar menghasilkan sel telur yang baik dan mempersiapkan dinding rahim yang baik, misalnya merk Provera dan Profertil, tapi ini harus dengan resep dokter.

Istri juga boleh konsumsi yang mengandung asam folat sebagai vitamin B9 yang mempersiapkan kehamilan untuk memperkuat perkembangan otak dan tulang belakang janin agar janin tidak mengalami cacat atau kelainan. Untuk makanan alami yang mengandung asam folat: gandum, kacang-kacangan, beras, dan terigu.
Selain makanan alami, kita juga bisa meminum makanan penunjang kesehatan ibu hamil yang telah banyak dijual seperti…maaf saya tidak di bayar untuk menyebutkan merek iklan nya..he.he.he

so walau pun saya belum mencobanya..tapi nanti akan saya coba ketika saya sudah menikah..bagi yang belum menikah sama seperti saya, ini buat bekal agar kita siap sedia…he.he.he

Beberapa pasangan mudah hamil namun bagi yang lain membutuhkan usaha lebih. Berikut ini yang anda perlu tahu dan kapan untuk mencari bantuan.

Pengetahuan Dasar Hamil
Setiap bulan, hormon dari kelenjar pituitary merangsang ovarium untuk melepaskan telur atau berovulasi. Hal ini sering terjadi sekitar hari ke-14 dari siklus menstruasi meskipun waktu yang tepat dapat bervariasi pada wanita dari bulan ke bulan.

Sekali telur dilepaskan, sel telur tersebut berjalan dalam tuba falopi. Jika anda ingin hamil, sekarang saatnya. Sel telur tersebut sekitar 24 jam untuk bersatu dengan sperma.

Sel-sel sperma dapat bertahan dalam saluran reproduksi selama 2-3 hari sehingga baik untuk melakukan hubungan seksual selama hari-hari berikut sampai ovulasi.

Jika sel telur dibuahi, sel telur berjalan sampai ke rahim 2 sampai 4 hari kemudian. Kemudian akan menempel dalam jalan rahim. Jika anda hamil, periode menstruasi anda akan berhenti saat tubuh anda mulai untuk mendukung embrio.

Namun, jika telur tidak dibuahi, sel-sel telur akan hancur dan anda akan mendapatkan periode menstruasi.

Kapan masa subur anda?
Mempelajari mengenai ovulasi dan menentukan kapan terjadinya ovulasi adalah hal yang sangat berbeda. Bagi kebanyakan wanita, bagaikan menembak target yang bergerak.

Pasang mata pada kalender
Gunakan organizer anda atau kalender biasa untuk menandakan mulainya periode mestruasi anda setiap bulan. Juga tulis jumlah hari setiap periode. Jika anda memiliki siklus 28 hari maka ovulasi dimulai sekitar 14 hari setelah hari periode terakhir anda di mulai.

Namun, jika siklus anda tidak normal, jumlah hari dalam siklus paling pendek anda dikalikan 18. Ketika periode anda selanjutnya dimulai, hitung ke depan sebanyak hari tersebut. Ini merupakan kemungkinan yang masuk akal untuk masa subur anda.

Keuntungan menggunakan perhitungan kalender dapat dengan mudah dilakukan di atas kertas dan cara ini gratis. Tetapi, kerugiannya banyak faktor yang dapat mempengaruhi waktu ovulasi yang tepat termasuk sakit, stres, dan olahraga. Perhitungan hari sering tidak akurat terutama bagi wanita yang memiliki siklus yang tidak normal.

Perhatikan perubahan pada lendir leher rahim.
Sesaat sebelum ovulasi, anda akan melihat adanya peningkatan cairan sekresi vagina yang tidak berwarna dan licin jika anda memeriksanya. Cairan sekresi ini menyerupai putih telur mentah. Setelah ovulasi, cairan akan menjadi keruh dan lengket atau menghilang seluruhnya.

Keuntungan cara ini adalah perubahan sekresi wanita sering merupakan tanda yang akurat akan kesuburan yang akan datang. Hanya dibutuhkan pengamatan sederhana, terutama di dalam vagina. Kerugiannya menilai tekstur atau rupa sekresi vagina dapat bersifat subjektif.

Amati suhu tubuh dasar (basal body temperatur) anda
Ini adalah suhu tubuh saat anda beristirahat. Ovulasi dapat menyebabkan kenaikan suhu bertahap atau bahkan lonjakan tiba-tiba, biasanya berkisar 0,5 dan 1,6 derajat Fahrenheit (tidak sampai 1 derajat celsius).

Anda akan sangat subur selama 2 sampai 3 hari sebelum suhu tubuh naik. Anda dapat mengasumsikan bahwa ovulasi telah terjadi ketika suhu tubuh naik sedikit yang bertahan selama 3 hari atau lebih.

Gunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh basal anda. Ukurlah suhu tubuh anda setiap pagi sebelum beranjak dari tempat tidur. Catat suhu tubuh anda dan buatlah polanya.

Keuntungannya cara ini mudah karena hanya menggunakan termometerdan sering bermanfaat untuk menentukan kapan anda ovulasi dan menilainya jika waktunya konsisten dari bulan ke bulan berikutnya.

Cobalah strip deteksi ovulasi
Strip untuk mendeteksi ovulasi yang dijual bebas dapat digunakan untuk memeriksa urin anda akan keberadaan hormon sebelum ovulasi. Untuk hasil yang akurat ikuti petunjuk pada label.

Strip deteksi ovulasi dapat mendeteksi waktu ovulasi. Bahakn dapat juga menyediakan tanda sebelum ovulasi terjadi. Strip deteksi ovulasi membutuhkan ketepatan waktu dan hubungan seksual yang tepat.

Maksimalkan kesuburan anda

Lakukanlah tips berikut untuk memaksimalkan kesuburan anda:

* Lakukan hubungan seksual secara rutin.
* Lakukan hubungan seksual sekali sehari saat mendekati waktu ovulasi.
* Pilihlah gaya hidup sehat
* Rencanakan masa sebelum menggunakan kontrasepsi (preconception)
* Minum vitamin.

Tapi jangan lakukan hal berikut:

* Merokok.
* Minum alkohol.
* Minum obat tanpa persetujuan dokter anda.

Kapan mencari pertolongan?
Dengan melakukan hubungan seksual sering dan tanpa proteksi, sebagian besar pasangan yang sehat dapat hamil dalam 6 bulan. Sekitar 90% pasangan yang sehat dapat hamil dalam 1 tahun. Lainnya membutuhkan pertolongan medis.

Jika anda berusia awal 30 atau lebih muda dan pasangan anda dalam keadaan sehat cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda perlu berkonsultasi lebih cepat jika berusia 35 tahun atau lebih, periode anda lebih dari 35 hari atau anda atau pasangan anda diketahui atau dicurigai mengalami masalah kesuburan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: