Ilovebiologi's Blog

Kebocoran Ginjal

Nama penyakit kebocoran ginjal atau Nephrotic Syndrome masih asing ditelinga kita, tapi penyakit ini benar – benar ada.

Apa sih Nephrotic Syndrome itu? D Nephrotic Syndrome merupakan penyakit yang menganggu penyaringan protein pada ginjal sehingga menyebabkan terjadinya kebocoran protein di ginjal. Penyakit ini menyebabkan kurangnya protein di darah sehingga protein merembes ke urin. Tidak ada rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Ciri-cirinya dapat dilihat, adanya pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti kaki, wajah, punggung dll.Ciri lain adalah hiperkolesterolemia atau peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Sedangkan ciri yang lain adalah gejala albuminuria (terdapatnya protein dalam air kemih), dan hipoalbuminemia (kadar protein albumin dalam darah rendah).

Kemudian, bagaimana penyakit ini bisa terjadi? Penyakit ini bisa terjadi pada anak kecil berusia 2-5 tahun dan orang dewasa. Namun penyakit ini lebih sering terjadi pada laki-laki. Biasanya faktor keluarga yang mempunyai penyakit alergi lebih rentan terhadap penyakit ini.

Trus, bagaimana perawatannya? untuk perawatan penyakit ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kontrol makanan dan kondisi tubuh harus benar-benar diperhatikan selama peratawan. Tapi yang paling utama adalah kontrol makanan. Kadar protein, kalori dan sebagainya harus diukur sesuai kondisi badan. Selama rawat jalan, karena belum bisa mengatur asupan makanan, Kemudian harus kontrol penuh selama 6 bulan. Dimana setiap minggu harus check up, periksa darah dan urine.

Pengobatan penyakit ini di seluruh dunia semuanya sama. TIDAK ADA OBATNYA.

Pengobatan hanya bersifat meredakan saja. Karena ginjal bocor, maka air seni yang seharusnya mengalir ke ureter malah mengalir ke sel-sel jaringan yang kosong. Yang terlihat pertama kali adalah rongga mata, lalu baru menyebar keseluruh tubuh.

Tapi jangan khawatir….semua penyakit pasti ada obatnya..untuk penyakit ini akan dilihat seberapa parah kadar kebocoran atau kerusakannya….gak ada yang mustahil kok jika Allah berkehendak..yang terpenting adalah terus berusaha dan yakinlah akan kesembuhan itu

perawatan untuk penyakit ini tidak boleh berhenti setelah gejalanya hilang. Kontrol makanan sebaiknya masih harus dilakukan agar gejalanya tidak timbul lagi. Segera atur pola hidup sehat, menjaga asupan nutrisi yang seimbang dan olahraga yang teratur.🙂

Untuk mengetahui lebih lanjut Nephrotic Syndrome dapat dilihat di http://www.nephroticsyndrome.com

seingat saya kisah nyata tentang penyakit ini (kalau tidak salah) pernah diangkat kedalam tulisan karya Siti Darojah (mpok enci) judulnya adalah “Huda Bidadari Cinta Kami”……

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: