Ilovebiologi's Blog

Penyebab Kemandulan

Saat ini permasalahan wanita seputar organ reproduksi makin sering terjadi dan yang dikhawatirkan adalah masalah kemandulan/infertilitas. Dalam beberapa penelitian terhadap pasangan suami istri mengenai keluhan sulit memiliki keturunan, tidak sedikit baik medis maupun umum, perhatian pertama sekali akan ditujukan pada pihak isteri oleh karena penyebab dari kesulitan dalam memiliki keturunan hampir 40% terdapat pada pihak isteri. Namun saat memeriksakan diri sebaiknya kedua pasangan dapat datang bersama agar hasil dari pemeriksaan tersebut lebih akurat.

KEMANDULAN PADA WANITA
Kemandulan pada perempuan lebih disebabkan pada; kelainan anatomis seperti rahim pendek atau buntu, tidak memiliki ovarium; kelainan genetik; kualitas ovum yang buruk.

Gangguan penyakit seperti kanker, endometriosis, kista, PMS (penyakit menular seksual dan lain-lain). Untuk seseorang yang suka berganti-ganti partner seksual bisa juga menjadi pemicu utama terjadinya kemandulan apabila dia tertular PMS. Tidak mudah untuk mendiagnosa seseorang apakah dia mengalami gangguan kesuburan/ mandul atau tidak, sehingga sangat diperlukan berbagai macam pemeriksaan biar hasilnya lebih akurat.

KEMANDULAN PADA PRIA
penyebabnya :
Mandi Air Panas, Sauna Dan Pakaian Ketat
Kesuburan lelaki berada dalam keadaan baik bila dijaga dalam temperatur yang tidak terlalu tinggi, beberapa derajat lebih rendah dari suhu tubuh normal. Mandi air terlalu panas dan memakai celana terlalu ketat atau sintetis akan membuat testis menjadi panas dan mempengaruhi produksi sperma.

Naik Sepeda
Penelitian dari University of Sounthern California membuktikan bahwa tekanan terus-menerus dari sadel sepeda bisa merusak arteri dan saraf yang terdapat pada penis. Pilih sadel sepeda yang ergonomis untuk menghindari tekanan seperti ini.

Stres
Studi dari Departemen Fisiologi, Medical College of Ohio menunjukkan bahwa stres kecil dapat membuat kadar testosteron lelaki dan sperma yang dihasilkan menjadi menurun.

Kecelakaan Di Tempat Kerja
Terkena radiasi dan bahan kimia dapat merusak dan menurunkan produksi sperma, serta menyebabkan kerusakan genetik pada anak-anak. Demikian hasil riset Mcgill University di Montreal, Kanada.

Pengobatan Tertentu
Tanyakan pada dokter anda akibat pengobatan yang sedang dijalani pada fungsi seksual. Banyak pengobatan termasuk tekanan darah tinggi, kanker, bahkan infeksi bakteri dapat menyebabkan masalah kesuburan dan penurunan produksi sperma.

Merokok
Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan bahwa pada lelaki perokok memproduksi sperma lebih sedikit. Lebih baik hentikan kebiasaan ini karena istri dan anak yang dikandung akan menjadi perokok pasif.

Makanan Tidak Sehat
Hindari makanan tidak sehat, ganti dengan banyak sayur, buah, biji-bijian, susu dan daging tanpa lemak. Dengan demikian anda akan cukup sehat untuk menjadi seorang ayah.

Genetika
Faktor yang satu ini berasal dari GEN atau DNA seorang pria yang menyebabkan produksi sperma tidak berjalan dengan normal..seperti kualitas yang menurun, bentuk sperma yang abnormal

So…mumpung masih muda dan belum menikah..ada baiknya kita menjaga kesuburan kita agar terhindar dari kemandulan…

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: