Ilovebiologi's Blog

Sistem Imun

Sistem kekebalan atau sistem imun adalah sistem perlindungan pengaruh luar biologis yang dilakukan oleh sel dan organ khusus pada suatu organisme. Jika sistem kekebalan bekerja dengan benar, sistem ini akan melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus, serta menghancurkan sel kanker dan zat asing lain dalam tubuh. Jika sistem kekebalan melemah, kemampuannya melindungi tubuh juga berkurang, sehingga menyebabkan patogen, termasuk virus yang menyebabkan demam dan flu, dapat berkembang dalam tubuh. Sistem kekebalan juga memberikan pengawasan terhadap sel tumor, dan terhambatnya sistem ini juga telah dilaporkan meningkatkan resiko terkena beberapa jenis kanker.

Berikut ini merupakan beberapa tips cara untuk mempertahankan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh / ketahanan tubuh kita dipersembahkan oleh web situs organisasi.org ini :

1. Istirahat Cukup
Tidur yang nyenyak secara wajar secukupnya agar tubuh kembali segar dan siap untuk beraktivitas keesokan harinya. Tidur terlalu banyak / lama pun juga tidak baik bagi kesehatan. Tubuh yang lelah harus diistirahatkan agar lelah dan capek yang menurunkan ketahanan tubuh bisa dihilangkan.

2. Hindari Kebiasaan Buruk
Merokok, minum minuman keras, memakai narkoba, begadang, makan makanan tidak bergizi, bekerja terlalu diporsir, main game seharian, stres, dan lain sebagainya mungkin bisa berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh kita.

3. Makan Makanan Yang Bergizi Dan Cukup
Sistem kekebalan akan membutuhkan asupan energi dari makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum. Dengan makan dan minum yang cukup jumlah dan gizinya mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Rajin makan atau minum sesuatu yang mengandung anti oksidan untuk melawan radikal bebas juga baik untuk kesehatan tubuh kita.

4. Rajin Membersihkan Diri
Kotoran yang melekat dan menempel pada tubuh kita biasanya mengandung kuman yang dapat menyebabkan penyakit ringan maupun berat. Dengan secara rutin merawat kebersihan diri sendiri dapat menghindarkan kita dari banyak serangan penyakit. Mandi sabunan, gosok gigi, sampoan, cuci tangan dengan sabun, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh kegiatan bersih-bersih tubuh.

5. Hindari Penggunaan Obat-Obatan Yang Salah
Obat seperti antibiotik sangat berbahaya jika dikonsumsi / digunakan dengan cara yang salah. Anti biotik sebaiknya dipakai dengan didasari atas resep dokter dan bukan atas inisiatif sendiri. Dosis yang salah serta penghentian konsumsi obat antibiotik sebelum penyakit mati dapat menyebabkan resistensi atau kekebalan penyakit pada obat, sehingga dibutuhkan dosis yang lebih tinggi lagi untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: